Home / Uncategorized / 5 Dampak pada Tubuh Saat Makan Belalang

5 Dampak pada Tubuh Saat Makan Belalang

Belalang adalah serangga herbivora dari subordo Caelifera dalam ordo Orthoptera. Serangga ini memiliki antena yang hampir selalu lebih pendek dari tubuhnya dan juga memiliki ovipositor pendek. Sejak 2013 silam, Food and Agriculture Organization (FAO) merekomendasikan serangga ini untuk menjadi alternatif makanan.

Sebab, serangga ini mengandung banyak nutrisi penting seperti kadar protein tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu cara pengolahan belalang idn poker yang populer di Indonesia adalah digoreng. Nah, berkat kandungan nutrisinya, belalang dapat memberikan sejumlah manfaat. Salah satunya adalah meningkatkan fungsi kognitif. Namun tak hanya itu, masih banyak manfaat belalang goreng lainnya bagi tubuh.

Sumber protein tinggi

Belalang mengandung protein yang lebih tinggi ketimbang daging. Namun, dibutuhkan sejumlah besar belalang untuk bisa menyamai atau malah melebihi kandungan protein daging. Meski begitu, fakta ini tetap menarik, karena belalang lebih ramah lingkungan dalam hal emisi karbon ketimbang sapi. Menurut jurnal ilmiah berjudul Edible Insects as a Protein Source: A Review of Public Perception, Processing Technology, and Research Trends yang terbit dalam Food Science of Animal Resources, serangga bisa menjadi alternatif sumber makanan kaya energi lainnya.

Mencegah penyakit kronis

Belalang goreng mengandung antioksidan seperti beta-karoten dan vitamin E. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan rtp dapat membantu mencegah beberapa penyakit kronis dan menjaga kesehatan seluruh tubuh.Menurut jurnal ilmiah berjudul Nutritional Composition, Health Benefits, and Application Value of Edible Insects: A Review yang terbit dalam MDPI Journal, serangga memiliki efek terapeutik sehingga dapat menyembuhkan kondisi penyakit tertentu.

Sumber antioksidan

Senyawa antioksidan yang ada pada belalang adalah sumber antioksidan yang baik. Sejauh ini, pertimbangannya karena tingkat stres pada hewan yang punya nama lain congcorang ini jauh lebih rendah timbang hewan lain. Seberapa baik sumber antioksidan bisa terpengaruh dari habitat dan pola hidup makhluk hidupnya.

Menjaga kesehatan saraf dan kognitif

Kuliner favorit di Thailand ini mengandung vitamin B1 dan B12. Vitamin tersebut dapat membantu menjaga kesehatan saraf termasuk juga kognitif.Kekurangan vitamin B1 dapat memicu gangguan informasi pada otak. Sedangkan vitamin B12 berperan dalam slot bca pembentukan mielin. Mielin merupakan lapisan yang melindungi saraf otak.Ikan gabus memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk otak. Manfaat lain ikan ini bisa kamu baca dalam artikel Kenalan dengan 13 Manfaat Ekstrak Ikan Gabus untuk Kesehatan.

Menurunkan kadar kolesterol

Terkait kandungan lemak tak jenuhnya, manfaat lainnya lagi adalah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu juga, makanan ini dapat berperan dalam meringankan peradangan. Nilainya bahkan tak jauh berbeda dari kacang-kacangan, alpukat, dan biji rami.

Call Now Button