Home / Uncategorized / Ada Bermacam Makanan ringan di Kamar Hotel, Yang mana Gratis?

Ada Bermacam Makanan ringan di Kamar Hotel, Yang mana Gratis?

Ada Bermacam Makanan ringan di Kamar Hotel, Yang mana Gratis?

Saat bermalam di hotel umumnya ada camilan atau minuman dalam kulkas. Kadangkala ini jadi hal yang memusingkan. Karena kita tidak paham mana makanan yang disiapkan dengan gratis dan yang mana harus dibayarkan.
Pada umumnya minuman visit here dan makanan yang ditempatkan dalam kulkas umumnya adalah makanan berbayar. Dan minuman atau makanan yang ditempatkan di luar kulkas biasanya adalah complimentary atau cuma-cuma.

Seperti diutarakan oleh Regional General Manajer dari Archipelago International Hotels, Resorts dan Residences Doddy Fathurahman. “Balik lagi ketentuan mini bar ini sebetulnya pada umumnya semua hotel di Indonesia atau di luar hampir serupa . Maka, saat minuman atau makanannya berada di refrigerator itu ialah berbayar. Saat itu gratis, umumnya ada tulisan. Tulisannya ‘complimentary’, begitu. Atau set-upnya di luar (refrigerator) itu gratis umumnya atau termasuk pada harga kamar. Dan ini nyaris terjadi di semua hotel, semacam itu,” ungkapkan Doddy.

Hal sama disampaikan oleh Director of Pemasaran dari Adiwana Hotels dan Resorts Andry Kurniawan. “Jika di kami untuk mini barnya kita ada charge-nya. Kita jual. Untuk tamu cicipi memang seharusnya bayar. Kalau mineral water itu kita kasih compliment,” kata Andry.

Jadi untuk travelers yang ketidaktahuan. Rupanya untuk makanan ringan atau minuman paket yang disiapkan di dalam kamar hotel biasanya berbayar. Terkecuali bila ada tulisan yang mengatakan jika makanan ini complimentary atau cuma-cuma.

Tetapi, bila ingin pastikan. Travelers seharusnya bertanya di saat cek in, apa disiapkan minuman dan makanan complimentary dalam kamar. Bila faksi hotel mengatakan tidak ada. Karena itu, minuman dan makanan yang ada harus dibayarkan di saat cek out.

Walau demikian, ada hotel atau paket pemondokan tertentu yang menerapkan ketentuan berlainan. Hingga, pada waktu pesan seharusnya travelers memeriksa dengan detil. Sarana dan keuntungan apa yang travelers peroleh dari paket itu.

“Terkadang ada pula paket menginapnya itu telah termasuk mini bar . Maka bergantung hotel itu ingin nge-treat tamunya bagaimana. Contohnya tamu yang bermalam di villa atau suite. Ia sudah termasuk dalam stay-nya. Itu sudah dapat nikmati sarana, termasuk makanan kecil kaya mini bar itu,” kata Andry Kurniawan.

Salah satunya pemondokan yang menerapkan hal itu ialah jaringan Archipelago International Hotels, Resorts dan Residences.

“Telah seperti etika umumlah ya, jika mini bar itu umumnya berbayar. Tetapi tidak tutup kemungkinan ada hotel yang telah termasuk semua. Salah satunya kamar kami yang di villa, kita kan punyai villa. Aqua Villa namanya. Karena harga cukup tinggi, minimum 5 juta-an. Baik dalam refrigerator atau di luar, snack-snack itu gratis, telah termasuk. Ini kita berikan saat cek in,” kata Doddy.

Ketentuan yang juga sama berlaku di The Trans Luxury Hotel.

“Untuk di The Trans Luxury Hotel kan kita ada mini bar . Harga kamar kita itu telah termasuk mini bar . Maka ada complimentary mini bar yang dapat dicicipi oleh beberapa tamu. Ada makanan ringan, ada minuman enteng . Terus kita ada welcome amenities-nya, ada cookies begitu. Bisa dicicipi sama tamu, include sama harga paket kamar,” papar Director of Pemasaran dan Communication dari The Trans Luxury Hotel Anggia Elgana.

Nach, rupanya benar ada beberapa macam kamar yang memberikan minuman dan makanan enteng dengan gratis. Tetapi untuk beberapa paket kamar standard, umumnya minuman dan makanan yang ada harus dibayarkan di saat cek out.

Karena itu, sangat dianjurkan untuk memeriksa dengan detil paket kamar yang diminta. Bila informasi yang disiapkan kurang komplet, jangan sangsi untuk menanyakan di saat cek in.

Call Now Button