Home / Uncategorized / Cara Memperbaiki Headphone yang Rusak

Cara Memperbaiki Headphone yang Rusak

Hari buruk itu akhirnya tiba – saat headphone atau earphone Anda akhirnya rusak. Untungnya, Anda tak perlu buru-buru dan beli yang baru! Anda bisa memperbaikinya sendiri, setelah mampir ke toko elektronik. Bagian yang akan Anda perbaiki Togel Sidney rentan, jadi ada risiko kerusakan lebih parah. Tetapi jika headphone Anda sudah rusak, tidak ada ruginya mencoba memperbaiki.

Dengarkan sambil menekuk kabel. Tekuk kabel saat sedang mendengarkan. Jika saat kabel ditekuk Anda bisa mendengar suara melalui headphone, buka Memperbaiki Kabel, di bawah.

Coba tekan colokannya. Jika Anda hanya bisa mendengar audio ketika Anda menekan ujung colokan headphone, lompati bagian ini dan buka Memperbaiki Colokan yang Rusak.

Pinjamlah earpiece (lubang suara) teman Anda. Jika Anda tidak bisa mendengar apa pun, cabut kabel dari lubang suara. Colokkan ke lubang suara yang berbeda. Jika sekarang Anda dapat mendengar suara, buka Memperbaiki Lubang Suara.

  • Jika kabel Anda tidak bisa dicabut dari lubang suaranya, lanjutkan ke langkah berikutnya, “Mengatur Multimeter.”

Mengatur Multimeter. Jika Anda belum menemukan masalahnya, gunakanlah multimeter. Anda bisa membelinya di toko perangkat keras. Anda juga akan membutuhkan pisau yang tajam, jadi anak-anak harus minta bantuan orang dewasa jika ingin menggunakannya. Atur multimeter dengan cara sebagai berikut:

  • Atur multimeter untuk menguji kontinuitas aliran listrik yang ditandai dengan ))) atau simbol sejenis.
  • Colokkan kabel hitam ke dalam lubang bertanda COM.
  • Colokkan kabel merah ke lubang bertanda Ω, mA, atau ))).

Menguji dengan multimeter. Multimeter akan berbunyi bip jika tidak ada kerusakan di kabel. Gunakan pisau tajam intuk mengupas kulit kabel/isolator, ikuti instruksi di bawah ini. Hati-hati jangan sampai memotong kawat konduktor di dalam kabel.

  • Kupaslah kabel sedikit, satu di dekat colokan dan satu lagi di dekat lubang suara.
  • Kabel telanjang biasanya punya lapisan pelindung tipis. Kikis pelan-pelan lapisan tersebut dengan pisau.[1]
  • Sentuh salah satu kawat di kabel dengan kabel multimeter berwarna hitam, dan kawat lain dengan kabel berwarna merah. Jika multimeter berbunyi bip, maka masalah ada di colokan atau lubang suara.
  • Jika tidak berbunyi bip, kupaslah bagian lain di tengah kabel, dan uji kedua kupasan kabel tersebut.
  • Buat kupasan lain di paruh kabel yang tidak berbunyi bip. Ulangi sampai Anda menemukan dua titik sepanjang beberapa inci (beberapa cm) yang “tidak” menyebabkan multimeter bunyi bip.
  • Lanjutkan ke Memperbaiki Kabel’, melewati langkah menguji.
Call Now Button